jurnal Kewirausahaan

[fie0803],

berikut adalah jurnal kewirausahaan,,

Kewirausahaaan

Silfia Nurul Malinda Sifitika Anggraini

Abstrak

Kewirausahaan adalah ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan, dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup (usaha). Kewirausahaan merupakan ilmu yang memiliki obyek kemampuan menciptakan sesuatu yang baru dan berbena (Zimmerer, and Scarborough (1998).Dalam kewirausahaan tidak lepas pula dengan seorang wirausaha,cukup beda tipis dengan arti kewirausahaan.wirausaha adalah seorang pembuat keputusan dalam dunia perekonomian,yang menghasilkan suatu system ,yaitu system ekonomi dan mampu melakukan perubahan yang nyata bagi perusahaan.Dalam dunia kewirausahaan dibutuhkan seorang wirausaha yang sangat handal untuk menjalankan roda suatu perusahaan agar mencapai tujuan.

Kata kunci: kewirausahaan,wirausaha

 

BAB I

Pendahuluan

  1. Latar Belakang

kewirausahaan pertama kali muncul pada abad ke-18 ,bersamaan dengan mulai munculnya beberapa penemuan-penemuan penting yang ditemukan oleh beberapa ilmuwan seperti,mesin ketik,mesin pemintal,mesin uap dll.Dengan berkembangnya ilmu,serta mulai banyaknya masalah-masalah yang ada,seperti masalah ekonomi,kewirausahaan mulai diterjunkan untuk mengatasi permasalahan yang melanda.Dengan contoh,di negara kita,negara Indonesia yang hingga saat ini mempunyai banyak masyarakat miskin (mayoritas) dan banyaknya pengangguran yang mayoritas adalah dari golongan lulusan SMP,SMA dan Mahasiswa. salah satu penyebabnya adalah tidak tersedianya lapangan kerja yang cukup.Faktanya setiap tahun sekolah-sekolah SMP,SMA dan PT,baik Negeri maupun Swasta meluluskan para siswa dan mahasiswanya dan kondisinya tidak beda jauh dengan lulusan tahun sebelumnya yaitu belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai tingkat pendidikan yang mereka tempuh,dan akhirnya terjadi pengangguran yang semakin banyak dan tak mampu di atasi oleh pihak pemerintah daerah maupun pusat.Dan karena itu kewirausahaan muncul,untuk mengahadapi pengangguran di Indonesia yang semakin merajalela dan mampu menjalankan roda kehidupan ekonomi negara yang semakin terpuruk.

 

Salah satu tujuan kewirausahan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat,dengan cara yang baru dan inovasi-inovasi yang berkualitas tinggi,serta mampu melakukan perubahan yang nyata bagi setiap masyarakat yang menjalankannya.Dengan semakin banyaknya pengusaha-pengusaha yang lahir,mampu menekan dan mengurangi pengangguran yang ada,dan mampu menyelesaikan permasalahan yang selama ini menghantui  yaitu salah satunya dengan kegiataan berwirausaha.

 

 

  1. Tujuan Dan Manfaat

 

  1. Tujuan Wirausahaan

 

  1. Meningkatkan jumlah pengusaha yang berkualitas tinggi.
  2. Meningkatkan kemampuan dan daya integritas tinggi untuk para pengusaha untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Mengembangkan kesadaran untuk berwirausaha untuk semua golongan,mulai dari pelajar atau mahasiswa dan para masyarakat pada umumnya.

 

  1. Manfaat Wirausaha

 

  1. Memanfaatkan potensi yang ada dan melakukan perubahan untuk diri sendiri dan orang lain.
  2. Memperoleh Finasial yang tak terbatas.
  3. Mampu bekerja lebih mandiri.
  4. Menambah lapangan pekerjaan bagi setiap orang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

Kajian teori

  1. Pengertian Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan relatif berbeda antara para ahli satu dengan para ahli lainnya,ini dikarenakan sumber atau acuan yang berbeda dengan titik perhatian dan penekanan-penekan yang berbeda pula.Berikut pengertian-pengertian dari beberapa ahli:

 

  1. Richard Cantillon (1775)
    Kewirausahaan didefinisikan sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi resiko atau ketidakpastian.
  2. Harvey Leibenstein (1968, 1979)
    Kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatann yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.
  3. Peter F. Drucker
    Kewirausahaan merupakan kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Pengertian ini mengandung maksud bahwa seorang wirausahan adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, berbeda dari yang lain. Atau mampu menciptakan sesuatu yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.
  4. Zimmerer
    Kewirausahaan sebagai suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (usaha).

Kewirausahaan mampu berjalan dengan baik,apabila mempunyai  seorang wirausaha yang baik dan handal pula.Berikut pengertian-pengertian wirausaha menurut beberapa ahli:

  1. Jean Baptista Say (1816)
    Seorang wirausahawan adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi dan menemukan nilai dari produksinya.
  2. Israel Kirzner (1979)
    Wirausahawan mengenali dan bertindak terhadap peluang pasar.
  3. Joseph Schumpeter (1934)
    Wirausahawan adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi baru tersebut bisa dalam bentuk :
  4. memperkenalkan produk baru atau dengan kualitas baru,

b.    memperkenalkan metoda produksi baru,

c.     membuka pasar yang baru (new market),

d.   Memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau    komponen baru, atau menjalankan organisasi baru pada suatu industri.

Schumpeter mengkaitkan wirausaha dengan konsep inovasi yang diterapkan dalam konteks bisnis serta mengkaitkannya dengan kombinasi sumber daya.

  1. Ciri dak Watak kewirausahaan

Seorang Wirausaha yang handal dan mampu menjalankan roda perusahaan yang ia miliki harus mempunyai kharakteristik yang tertentu mulai dari sikap dan perilaku.Sikap dan Perilaku sangat dipengaruhi oleh sifat dan watak yang dimiliki oleh seseorang. Sifat dan watak yang baik, berorientasi pada kemajuan dan positif merupakan sifat dan watak yang dibutuhkan oleh seorang wirausahawan agar wirausahawan tersebut dapat maju/sukses.

Gooffrey G. Meredith (1996; 5-6) mengemungkakan ciri-ciri dan watak kewirausahaan seperti berikut :

Ciri-ciri Watak
Percaya Diri.

Keyakinan, kemandirian, individualitas,

  • optimisme.

Berorientasikan tugas dan

hasil.

Kebutuhan akan prestasi, berorientasi pada

laba, memiliki ketekunan dan ketabahan,

memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras,

energik dan emiliki inisiatif.

Pengambil Resiko.

Memiliki kemampuan mengambil resiko dan

suka pada tantangan.

Kepemimpinan.

Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat

bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.

Keorisinilan.

Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel,

serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.

Berorientasi ke masa depan.

Persepsi dan memiliki cara pandang cara pikir

yang berorientasi pada masa depan.

Jujur dan tekun.

Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan

Kerja.

 

 

 

 

  1. Langkah-Langkah Berwirausaha

 

  1. 1.    Mengenali peluang usaha

 Dalam melakukan usaha, sebenarnya ada peluang yang berada disekitar kita,tetapi kebanyakan orang tidak mampu melihat kondisi serta kondisi bahwa ada peluang atau tidak kah dengan apa yang ada disekitar kita.Hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi serta kurangnya informasi yang memungkinkan seseorang mampu mengetahui ada atau tidaknya peluang usaha yang mampu dikembangkan disekitar kita.

Beberapa sumber peluang usaha antara lain:

  1. Perubahan teknologi
  2. Perubahan kebijakan dan politik
  3. Perubahan sosial demografi

 

  1. 2.    Fokus dalam bidang usaha

 

Peter Drucker pakar dalam kewirausahaan menyatakan bahwa dalam memulai sebuah usaha atau inovasi disarankan untuk mengfokuskan pada usaha tertentu,harus ditekuni dan dikiatkan pada usaha itu pula,dimulai dari yang kecil berdasarkan sumberdaya yang kita miliki.

 

  1. 3.    Berani memulai.

Dunia kewirausahaan adalah dunia yang penuh ketidakpastian,faktanya banyak informasi yang sangat minim bagi golongan tertentu.Oleh karena itu, ‘sedikit agak gila’ (overconfidence) dan berani mengambil resiko adalah sangat perlu dilakukan.Lakukan dulu. Jalan dulu. Jika ada kesulitan, baru dicari jalan keluarnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

Penutup

  1. Kesimpulan

 

Sesungguhnya bahwa Kewirausahaan harus dijalani dengan langkah-langkah yang terkecil dari kita, seperti mengenali potensi diri,mengenali peluang usaha yang ada disekitar kita serta modal berani ataupun nekat.Kewirausahaan tidak pernah muluk-muluk jika dijalani dengan sepenuh hati,sabar dan tekun.Kunci dalam kewirausahaan adalah,berani,tangguh,serta tekun dalam menjalani usaha.

 

  1. Saran

 

Bagi para calon pengusaha-pengusaha kunci untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan usaha,sebaiknya harus diawali dengan kunci sukses para pengusaha.Yakni harus berani menangung segala yang akan menghalangi ataupun segala kerugian yang timbul.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&ved=0CG0QFjAJ&url=http%3A%2F%2Fwww.infokursus.net%2Fdownload%2F0206101221BUKU_3_MODUL_2_KONSEP_DASAR_KEWIRAUSAHAAN.pdf&ei=IgjJTqjVG62ImQWupfX5Dw&usg=AFQjCNGVHIA9eT8FIl9MCPstAEV4tc4G8g&sig2=Nhy4DIWej7mRlgUfYQLv1g

http://adesyams.blogspot.com/2009/06/langkah-langkah-memulai-berwirausaha.html

http://bitaku.podbean.com/mobile/2011/04/06/tujuan-kewirausahaan/

By fie0803

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s